Rabu, 09 Mei 2012

isyrof, tabzir, ghibah dan fitnah

Boros adalah menyia-nyiakan sesuatu tanpa manfaat melebihi batas disetiap perbuatan, misalnya menyia-nyiakan harta. Hal ini dilarang dalam islam, karena merupakan salah satu penyakit hati. Boros juga didapat dalam bentuk makan dan minum yang berlebihan (makan sebelum lapar dan minum sebelum haus), berpakaian menyolok dan menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak berguna. Hal ini biasanya dilakukan hanya untuk memenuhi nafsu syahwat dunia atau sekedar ingin mendapat pujian.
Dalam islam, kita sebagai muslim dianjurkan untuk bergaya hidup sederhana dan tidak terlalu berlebihan dalam pencapaian kesenangan didunia. Bahkan agama islam menganjurkan kita meninggalkan kemewahan dunia (Zuhud). Dalam hal ini dimaksudkan manusia tidak hanya memikirkan dunia, tetapi juga memikirkan akhirat.
Dalil Tentang Isrof
يَابَنِي ءَادَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ. الاعـراف : 31
Artinya :     Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. Al A’rof 31
وَهُوَ الَّذِي أَنْشَأَ جَنَّاتٍ مَعْرُوشَاتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَاتٍ وَالنَّخْلَ وَالزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ كُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَءَاتُوا حَقَّهُ يَوْمَ حَصَادِهِ وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ. الانـعام : 141
Artinya :     Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya), dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan dikeluarkan zakatnya); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. Al An’am 141
Firman Allah SWT
مَنْ كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ  الاخرة  نَزِدْ لَهُ فِي حَرْثِهِ وَمَنْ كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَا لَهُ فِي الاخِرَةِ مِنْ نَصِيبٍ.الشرى : 20
Artinya :     Barangsiapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barangsiapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat. . (Q.S. Asy-Syura : 20)

Dari hadis dan firman Allah kita dapat mengetahui bahwa Allah menyukai orang-orang yang sederhana dalam penghidupan dan tidak boros. Karunia yang Allah berikan sebaiknya digunakan untuk membantu sesama manusia dan untuk kepentingan akhirat. Allah tidak melarang kita untuk mencari dunia, untuk berkecukupan hidup dan itu juga merupakan kewajiban, akan tetapi tetap harus diimbangi dengan mencari akhirat.
Firman Allah SWT
زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ. ال عمــران : 14
Artinya :     Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diinginkan, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik (surga). (Q.S. Ali Imron : 14)
1.      Penyebab Israf
Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang berperilaku Israf:
a.        lingkungan keluarga.
b.       seseorang berperilaku Israf adalah bergaul/berkawan dengan orang-orang Israf.
c.        Israf bisa terjadi dikarenakan seseorang tidak menghiraukan akibat yang bakal terjadi.
2.      Beberapa Hal yang Termasuk Perbuatan Berlebih-lebihan.
Perlu dibedakan antara berlebihan dengan pemurah. Bahwa orang yg berlebihan adalah oarang yang memanfaatkan suatu perbuatan melebihi yang kita butuhkan atau menambah sesuatu yang tidak semestinya. Menurut syaekh Nashir As Sa'di ada 3 hal yg bisa dikatagorikan berlebihan, yaitu :
·         Menambah-nambah di atas kadar kemampuan, dan berlebihan dalam hal makan, karena makan yang terlalu kenyang dapat menimbulkan hal yang negatif pada struktur tubuk manusia.
·         Bermewah-mewah dalam makan, minum dan lain-lain artinya dalam memakan atau meminum sesuatu tidak boleh memperturutkan hawa nafsu, sehingga semua yang di inginkan tersedia.
·         Melanggar batasan-batasan yang telah di tentukan Allah Ta'ala.
·         Menumpuk-numpuk harta atau sesuatu hal yang tidak telalu dibutuhkan oleh kita maupun oleh masyarakat.
·         Melakukan segala sesuatu yang berlebiha, contohnya terlalu banyak tidur bisa menyebabkan berbagai penyekit terutama malas, dari penyakit malas inilah timbul berbagai dampak yang tidak baik seperti tidak mau bekerja, kalaupun bekerja hasilnya pun tidak akan optimal
·         melakukan pekerjaanyang sia-sia, terkadang kita sebagai manusia suka denga hal-hal yang bersifat hura-hura
·         memperturutkan hawa nafsunya, manusia dalam menghadapi hidup biasanya dihadapakan pada dua permasalahan yaitu antara keperluan dan kebutuhan dengan keinginan.
Lawan dari israf adalah secukupnya atau sekedarnya, hidup sederhana bukan berarti kikir. Orang sederhana tidak indentik dengan ketidak mampuan. Kesederhanaan timbul karena pemahaman akan hakikat hidup didunia. Dalam pandangannya, dunia bukanlah tempat yang abadi, dunia hanya sebagai tempat untuk beramalsehingga ketika ia diberi karunia berupa harta benda maka ia akan pergunakan seperlunya sesuai dengan kebutuhannaya dan selanjutnya ia belanjakan dijalan Allah.
3.      Akibat dari Perbuatan Israf
Setelah kita mengetahui arti dari israf, dalil tentang larangan berbuat israf serta hal-hal yang diketegorikan perbuatan israf, maka itu perlu juga mengetahui manfaat dampak yang ditimbulakan akibat dari perbuatan israf, yaitu :
·         Dibenci oleh Allah Ta'ala(Q.S Al- A’raf: 31).
·         Menjadi sahabat setan (QS. Al Isra (17): 27, Al Mujadilah (58) :19)
·         Tidak memiliki rasa kepedulian terhadap sesama manusia.
·         Menjadi orang yang akan tercela dan menyesal
·         Akan Allah binasakan
·         Menjadi orang yang tersesat (QS. 6: 141, 7:31)
·         Menghalalkan segala cara untuk dapat memenuhi kebutuhannya.
4.      Menghindari sifat israf dalam kehidupan sehari-hari
Cara menghindari sifat israf :
a.        Memikirkan dan merenungkan akibat dan bahaya Israf.
b.       Mengenjdalikan nafsu, dan mengarahkan untuk memikul beban dan klesulitan seperti shalat malam, shadaqah, shaum sunat , dll.
c.        Senantiasa memperhatikan sunnah dan perjalanan hidup Rasulullah SAW
d.       Selalu memperhatikan kehidupan orang-orang salaf dari kalangan sahabat, mujahiddin dan ulama.
e.        Tidak menjalin persahabatan dengan orang-orang Israf.

B.     Tabzir
Kata tabzir berasala dari kata bahasa arab yaitu bazara,yubaziru tabzir yang artinya pemborosan sihingga menjadi sia-sia, tidak berguna atau terbuang. Secara istilah tabzir adalah membelanjakan/mengeluarkan harta benda yang tidak ada manfaatnya dan bukan dijalan Allah. Sifat tabzir ini timbul karena adanya dorongan nafsu dari setan dan biasanya untuk hal-hal yang tidak disenagi oleh Allah serta ingin dipuji oleh orang lain
Jika israf menekankan pada berlebih-lebihannya maka, tabzir menekankannya pada kesia-sian benda yang digunakan itu. Sikap tabzir dapat terjadi dalam berbagai hal, misalnya boros dalam menggunakan uang, boros dalam menggunakan harta, boros dalam menggunakan waktu dan lain sebagainya. Agama Islam melarang pada setiap umatnya untuk berlaku boros, karena hal tersebut dapat merugikan pada diri sendiri dan orang lain.
1.      Hal-hal yang Termasuk Tabzir
Selama manusia masih hidup berarti ia masih memerlukan makan, minum, berpakaian, dan kebutuhan lainnya yang harus dipenuhi agar tetap bisa bertahan hidup. Bagi sebagian orang, untuk memenuhi kebutuhannya ia harus bekerja keras dan itupun hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar, ada juga sebagian masyarakat yang tidak kebutuhan dasar saja yang terpenuhi tetapi kebutuhan sekunder atau bahkan kebutuhan mewah bisa terpenuhi. Bila manusia menuruti seluruh keinginannya pastilah ia akan menjadi orang yang selalu merasa kurang dan terjebak pada kesenangan sesaat.
Beberapa tindakan yang tergolong sebagai perbuatan tabzir, yaitu :
·         Membantu orang lain dalam kemaksiatan. Contoh : Memberi sumbangan kepada orang untuk meminum-minuman keras
·         Mengkonsumsi makanan/minuman yg tidak ada manfaatnya dan justru membahayakan bagi jiwa dan raga. misal : Rokok
·         Orang yang bersodakoh tetapi tidak ikhlas 
·         Merayakan Hari Raya  lebaran dengan berlebihan
·         Merayakan pesta pernikahan dengan berlebihan tidak sesuai dengan syari'at
2.      Akibat dari Perbuatan Tabzir
Setiap aturan yang telah Allah buat untuk Hamba-Nya sudah pasti mengandung hikmah/manfaat bagi hamba-Nya, begitupun larangan terhadap perbuatan tabzir (boros). Berikut beberapa akibat yang dapat ditimbulkan dari perbuatan tabzir, yaitu :
·         Mendapat murka Allah
·         Mendapat siksa yang teramat pedih oleh Allah
·         Mendapat kesengsaraan dunia dan akhirat
·         Mendapat cacian dari orang lain
3.      Menghindari sifat Tabzir dalam kehidupan sehari-hari
Cara menghindari sifat tabzir
a.        Memiliki keinginan yang kuat untuk membina kepribadian istri dan anak-anaknya.
b.       Selalu memikirkan dan merenungkan realita kehidupan manusia pada umumnya dan kaum muslimin khususnya.
c.        Memikirkan dan merenungkan akibat dan bahaya tabzir.
d.       Tidak menjalin persahabatan dengan orang-orang tabzir
e.        Selalu ingat karakter jalan hidup yang penuh beban dan penderitaan.

4.      Dalil tentang Larangan Tabzir
Perilaku tabzir dilarang oleh Allah swt sebagaimana firman-Nya
“Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.”(QS. Al-Isra:26-27)
Berdasarkan ayat di atas, orang yang berlaku tabzir atau boros disamakan dengan saudara setan. Padahal setan adalah makhluk yang ingkar kepada Tuhannya. Selanjutnya tempat kembali orang yang ingkar adalah neraka yang penuh penderitaan dan kesengsaraan. Contoh perilaku tabzir adalah mengadakan pesta-pesta yang tidak perlu dan tidak dicontohkan dalam Islam
Pesta-pesta semacam itu memakan banyak biaya. Banyak pula makanan dan minuman yang tersia-siakan. Jika dana itu diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan, berapa banyak orang yang akan terbantu. Terlebih lagi perilaku semacam itu akan membawa seseorang pada kesombongan. Ia termotivasi untuk memamerkan kekayaan dan kemewahan yang dimilikinya.

Perbuatan menggunjing dalam bahasa arab disebut ghibah yaitu membicarakan aib atau cela(keburukan)seseorang atau sesuatu pihak kepada orang lain .Menurut hadis yang diriwayatkan olehH.R.S. Muslim ,rasulullah bersabda : Bergunjing (ghibah)adalah engkau menyebut saudaramu tentang apa –apa yang ia tak menyenanginya.Menurut Al –ghazali dan lmam Nawawi,bahwa yang dimaksud oleeh hadist tersebut diatas,ialah meyebut kekurangan dan keburukan seseorang dalam hal agamanya,akhlaknya,istri dan anaknya ,suaminya ,hartanya ,keturunannya,pakaiannya ,gaya jalannya ,pembantu rumah tangganya ,baik menyebut dengan lisan maupun dengan isyarat(kedipan mata ,tangan,dan sebagainya).ada beberapa cara mengumpata atau menggunjing antara lain :
1.         Bergunjing tentang bagian tubuh/badan misalnya dengan menyebut si pincang si tuli,si pendek,si hitam ,si kuning dan sebagainya.
2.         Bergunjing tentang agamanya ,misalnya dengan  mengatakan khianat , fasik,zalim,durhaka,tidakmembayar zakat dan sebagainya.
3.         Bergunjing tentang perkara dunia ,misalnya menyebut biadab ,kurang ajar,banyak makan,nyinyir,dan sebagainya.
4.         Bergunjing tentang keturunan ,misalnya bapak atau ibunya hitam,tukang judi,tukang rumput,tukang am[[ahdan sebagainya .
5.         Bergunjing tentang sifat daan perangai misalnya sombong,keras hati ,tidak punya pendirian,tamak,dan sebagainya .
6.         Bergunjing tentang pakaian ,misalnya tidak bersih ,kurang rapi/pantas ,dan sebagainya .
                        Intinya adalah segala sesuatu yang apabila didengar oleh yang digunjingkan ia merasa tidak senang.       
Perbuatan menggunjing atau ghibah termasuk perbuatan dosa besar.Olehkarena itu hindarilah perbuatan menggunjing pada semua kesempatan.apabila di suatu tempat ada orang yang sedang menggunjing,maka kita harus berani mengatakan kepada mereka dengan cara yang bijaksan bahwa menggunjing adalah haram,rasulullah bersabda ,”Hindari prasangka karena prasangka adalah berita yang paling dusta dan bohong,”(HR Bukhari Muslim).
                        Kecurigaan yang berlebihan kepada orang lain akan menimbulkan penyakit hati,seperti tajassus yaitu memojokkan orang lain dengan cara mencari cacat (aib)orang lain agar kehormatannya tercemar. Allah mengumpamakan orang yang bergunjing itu sebagai orang yang kanibal ,memakan daging saudaranya yang telah mati.     . Firman Allah SWT: 
Artinya :”hai orang –orang yang beriman ,jauhilah kebanyakan dari prasangka .Sesungguhnya ebagian dari prasangka itu adalah dosa an janganlah kamu mencari kesalahan orang lain ,dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain .sukakah salah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati?.Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya .Dan bertaqwalah kepada Allah .Sesunggunya Allah maha penerima taubat lagi maha penyayang .”(QS Al Hujurat:12)
            Artinya :Kecelakaanlah bagi setiap penggunjing dan pencela
            (QS Al-Humazah:1)                 
            Artinya:Dan apabila mereka mendengar perkataan yang tidak bermanfaat mereka berpaling daripadanya dan mereka berkata “Bagi kami amal; -amal kami dan bagimu amal –amalmu,kesejahteraan atas dirimu,kami tidak ingin bergaul dengan orang yang jahil.(QS Al Qasas:55)                                    
Artinya: Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan terhadapnya . Sesungguhnya pendengaran ,penglihatan ,hati ,dan semua itu akan diminta pertanggungjawabannya .(QS Al Isra:36)
            Artinya:           Dan apabila engkau melihat orang–orang memperolok ayat–ayat. Kami,menyingkirlah dari mereka ,sampai mereka pindah ke pembicaraan yang lain. Dan jika engkau terlupa karena buaian syetan, setelah engkau sadar maka janganlah engkau duduk juga bersama orang–orang yang zalim itu.(QS Al An-am :68)
                                                Selain ayat-ayat diatas masih ada hadis-hadis yang melaknat perbuatan menggunjing antaranya:Dari abu Hurairah r.a,rasulullah saw bersabda ,”Apakah kamu tahu apa ghibah (pengunjing) itu?”.para sahabat menjawab.”allah dan rasulnya yang lebih mengetahui”Nabi saw bersabdda,’Ghibah adalah engkau menyebut saudaramu tentang apa yang mereka tidak menyukainya,”Rasulullah saw ditanya kembali “Bagaiamana jika yang kusebut itu benar adanya ?”rasulullah menjawab ,’Andaikata yang kau ucapkan benar ada padanya ,berarti kamu telah mempergunjingkannya .jika apa yang kamu ucapkan tidak ada  padanya ,maka sesungguhnya kamu memfitnah.(H.R Muslim,Abu Dawud,turmudzi,dan Nasa’I)
            Dari Anas r.a,rasulullah bersabda :
            Ketika aku ddimi’rajkan ,aku melewati suatu kaum yang kukunya dari tembaga,mencakari muka dan dada mereka .Seraya aku katakana.Siapakah mereka ini ya jibril?.jibril menjawab,mereka ituadalah orang yang memakan ddaging manusia(bergunjing) dan menjatuhkan martabat mereka
                 Jadi sudah jelas bahwa ghibah adalah perbuatan yang sangat tidak berguna merugikan, berdosa dan dibenci Allah, maka wajib bagi kita untuk menghindarinya. Beberapa kiat untuk menghindari diri kita dari perbuatan ghibah antara lain”:
1.      Menyelenggarakan kegiatan social agar terhindar dari permusuhan .
2.      Memupuk kerjasama atas daar kebajikan dan taqwa sehingga tercipta ketahanan nasional .
3.      Memelihara hubungan persaudaraan,persatuan,dan kesatuan sesama umat dan bangsa .seperti tang terdapat pada surat Al-Hujurat:10
Artinya : Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara maka damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya mendapat rahmat .
4.      Persoalan yang timbul hendaknya diselesaikan dengan musyawarah,seperti yang termuat dalam surat As syura:13.     
Artinya:Dia telah mensyariatkan kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah kami wasiatkan kepada ibrahim ,Musa,Isa yaitu :”tegakkan agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya .Amat berat.
5.      Memberikan maaf atas kesalahan orang lain tanpa menunggu lebih dulu ,dam mampu menahan amarah sebagai latihan untuk meningkatkan kualitas katakwaan seperti yang termaktub dalam surat Al imran 133-134:       
Artinya :Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa(133).
(Yaitu) orang-orangyng menafkahkan (hartanya)baik di waktu lapang maupun sempit,dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan(kesalahan) orang.Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan (134
) .
Fitnah adalah mengada-adakan dan menyebarkan berita-berita bohong yang sengaja disampaikan oleh orang-orang tertentu, karena adanya suatu sebab supaya orang yang dikehendaki memperoleh celaka (hancur nama baiknya) di masyarakat. Orang yang berbuat fitnah atau tukang fitnah adalah orang-orang yang sering menambah-nambahi berita, dan suka memutar balikkan kenyataan.
Fitnah merupakn sifat tercela yang harus dihindari, karena pelakunya semakin hari akan semakin dijauhi dan dikucilkan oleh masyarakat, karena menyebarkan berita bohong. Sedangkan pembicaraan seseorang akan dibuat sebagai tolak ukur untuk menunjukkan kebaikan seseorang.
Agama islam melarang keras terhadap perbuatan fitnah, yang berarti secara  tidak langsung menuduh seseorang berbuat tidak sewajarnya. Dakwaannya itu dituturkan kemana-mana, padahal dirinya sendiri tidak mengetahui secara pasti, perbuatan demikian haram hukumnya.
1)      Dalil Tentang Fitnah
Artinya :Dan janganlah kamu setiap orang yang bersumpah lagi hina (10).Yang banyak mencela,yang kian kemari dengan mengadu domba(membuat fitnah) .(QS Al-Qalam:10-11)
Artinya:Jika mereka berangkat bersamamu ,niscahya mereka tidak menambah kamu selain dari kerusakan belaka,dan tentu mereka akan bergegas-gegas maju ke muka di celah celah barisanmu untuk mengadakan kekacauan diantaramu ,sedang diantara kamu ada orang-orang yang suka mendengarkan perkataan  mereka.Dan Allah megetahui orang-orang yang zalim.(QS At Taubah:47)
          Nabi saw bersabda :tidak akan masuk surga orang yang suka mengadu domba(menyebarkan fitnah).(H.S.R.Bukhari-Muslim).
          Dalam salah satu hadis Nabi saw bersabda :Sejahat jahat hamba Allah adalah ialah orang yang berjalan-jalan kian-kemari menyebarkan fitnah(mengadu domba),yang memecah belah antara yang berkasih-kasihan,yang mencela orang-orang yang baik.(H.R Ahmad).
          Dikisahkan dalam suatu riwayat.Pernah seorang pria menghadap Umar bin Abdul Aziz,,lalu membicarakan orang-orangyangbtidak disenanginya .Maka Umar bin Abdul Azizberkata kepada pria itu,kami akan meneliti masalah itu .Jika anda berdusta ,maka amal andda termasuk kepada orang yang disebutkan Allah dalam firmannya :
                                                                 
Artinya : Hai orang-orang yang beriman ,jika atang kepadamu seorang fasik membawa suatu berita,maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahuikeadannya yang menyebabkan kamu meyesal atas perbuatanmu.(QS Al-hujurat:6).
          Dari keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwaa orang yang suka membawa pembicaraan kepadda orang baik berita itu benar atau salah, digolongkan salah .Karena itu untuk keselamatan diri kita hendaknya masing-masing dari berusaha semaksimal mungkin untuk menjauhi sifat mengadu domba dan menyebarluaskan fitnah, berkatalah yang baik atau diam,ituah yang paling selamat.

          Dalam pengertian sehari- hari,fitnah berarti berita bohong atau desas-desus tentang seseorang karena ada maksud yang tidak baik.Firman Allah swt:
Artinya :Dan bunuhlah mereka dimana aja kamu jumpai,dan usirlah dari tempat diman mereka telah mengusir kamu (mekkah)dan fitnah itu bahayanya lebih besar dar pembunuhan dan janganlah kamu memerangi mereka di masjidil haram kecuali mereka memerangimu di tempat itu,jika memerangi kamu (di tempat itu).maka bunuhlah mereka .demikianlah balasan bagi orang-orang kafir.(QS Al Baqarah:191)
Hadis nabi saw :”Dari Huzaifah r.a berkata ,rasulullah saw bersabda ,tidak akan masuk surga orang yang suka menyebar fitnah (H.R bukhari-muslim).
Oleh karena itu upaya untuk mencegah perbuatan menyebarkan fitnah perlu diketahui sumber fitnah itu sendiri.Fitnah dapat terjadi antara lain:
¸   Penyakit hati seperti syirik,angkuh,dengki dan kikir.
¸   Ucapan yang salah atau menyimpang dari sebenarnya.
¸   Kebodohan ebagaimana hadis Nabi Muhammad saw:”Bahwa fitnah dapat muncul dari kebodohan merajalela,ilmu telah tercabut ,dan banyak pembunuhan serta kekacauan.”(HR Bukhari-Muslim.
          Oleh karena itu untuk mecegah penyebaran fitnah aatau menangkal fitnah,setiap manusia terutama muslim harus:
1.      Gemar untuk mengadakan aksi social(beramal saleh) secara terus-menerus.
2.      Jangan kikir(pelit),artinya harus memiliki hati pemurah dengan merealisasikannya memberi sedekah kepada fakir miskin,yatim piatu ,dan lain-lain.
3.      Memupuk silaturahmi atau persaudaraan .
4.      Ikut aktif melaksakan amar makruf nahi mungkar,yaitu mengajak kepada kebaikan dan menjauhi kemungkaran.
5.      Amanah(terpercaya),artinya segala perkataan dan perbuatannya sangat dipercaya,mengandung kebenaran,tidak bohong dan memegang teguh amanah yang dipercayakan kepadanya. 

9 komentar:

  1. terimakasih gan tentang penjelasanya,
    sangat bermamfaat sekali :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. thank nice infonya, kunjungi http://bit.ly/2Bfs64g

    BalasHapus
  4. Sportsbetting | Betway Casino Online
    Betway Casino is a top choice for online sports betting and casino players. Bet on all major leagues and betway get a 100% 188bet bonus up to €500 + vua nhà cái 100 free

    BalasHapus
  5. BetMGM casino 2021 - Dr.MCD
    › casino 서귀포 출장샵 › gambling › 구미 출장마사지 id › casino › gambling › 광양 출장안마 id › casino › gambling › 태백 출장마사지 id The 수원 출장마사지 Casino Review — A comprehensive review of the BetMGM brand, including ratings, features, games, and bonuses. Casino Review. Deposit & Withdrawal Options.

    BalasHapus