A. BOROS (ISROF)
Boros adalah
menyia-nyiakan sesuatu tanpa manfaat melebihi batas disetiap perbuatan,
misalnya menyia-nyiakan
harta. Hal ini dilarang dalam islam, karena merupakan salah satu penyakit hati.
Boros juga didapat dalam bentuk makan dan minum yang berlebihan (makan sebelum
lapar dan minum sebelum haus), berpakaian menyolok dan menghamburkan uang untuk
sesuatu yang tidak berguna. Hal ini biasanya dilakukan hanya untuk memenuhi
nafsu syahwat dunia atau sekedar ingin mendapat pujian.
Dalam islam, kita sebagai muslim
dianjurkan untuk bergaya hidup sederhana dan tidak terlalu berlebihan dalam
pencapaian kesenangan didunia. Bahkan agama islam menganjurkan kita
meninggalkan kemewahan dunia (Zuhud). Dalam hal ini dimaksudkan manusia tidak
hanya memikirkan dunia, tetapi juga memikirkan akhirat.
Dalil
Tentang Isrof
يَابَنِي
ءَادَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا
تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ. الاعـراف : 31
Artinya
: Hai anak Adam, pakailah pakaianmu
yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah
berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang
berlebih-lebihan. Al A’rof 31
وَهُوَ
الَّذِي أَنْشَأَ جَنَّاتٍ مَعْرُوشَاتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَاتٍ وَالنَّخْلَ
وَالزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا
وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ كُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَءَاتُوا حَقَّهُ
يَوْمَ حَصَادِهِ وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ. الانـعام
: 141
Artinya
: Dan Dialah yang menjadikan
kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma,
tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa
(bentuk dan warnanya), dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam
itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan
dikeluarkan zakatnya); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah
tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. Al An’am 141
Firman
Allah SWT
مَنْ
كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الاخرة نَزِدْ لَهُ فِي حَرْثِهِ وَمَنْ كَانَ يُرِيدُ
حَرْثَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَا لَهُ فِي الاخِرَةِ مِنْ نَصِيبٍ.الشرى
: 20
Artinya
: Barangsiapa yang menghendaki
keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barangsiapa
yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari
keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat. . (Q.S.
Asy-Syura : 20)
Dari
hadis dan firman Allah kita dapat mengetahui bahwa Allah menyukai orang-orang
yang sederhana dalam penghidupan dan tidak boros. Karunia yang Allah berikan
sebaiknya digunakan untuk membantu sesama manusia dan untuk kepentingan
akhirat. Allah tidak melarang kita untuk mencari dunia, untuk berkecukupan
hidup dan itu juga merupakan kewajiban, akan tetapi tetap harus diimbangi
dengan mencari akhirat.
Firman
Allah SWT
زُيِّنَ
لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ
الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ
وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللَّهُ
عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ. ال عمــران : 14
Artinya
: Dijadikan indah pada (pandangan)
manusia kecintaan kepada apa-apa yang diinginkan, yaitu: wanita-wanita,
anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan,
binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan
di sisi Allahlah tempat kembali yang baik (surga). (Q.S. Ali Imron : 14)
1.
Penyebab Israf
Ada beberapa hal
yang menyebabkan seseorang berperilaku Israf:
a.
lingkungan keluarga.
b.
seseorang berperilaku Israf adalah bergaul/berkawan
dengan orang-orang Israf.
c.
Israf bisa terjadi dikarenakan seseorang tidak
menghiraukan akibat yang bakal terjadi.
2.
Beberapa Hal yang Termasuk Perbuatan Berlebih-lebihan.
Perlu
dibedakan antara berlebihan dengan pemurah. Bahwa orang yg berlebihan adalah
oarang yang memanfaatkan suatu perbuatan melebihi yang kita butuhkan atau
menambah sesuatu yang tidak semestinya. Menurut syaekh Nashir As Sa'di ada 3
hal yg bisa dikatagorikan berlebihan, yaitu :
·
Menambah-nambah di atas kadar kemampuan, dan berlebihan
dalam hal makan, karena makan yang terlalu kenyang dapat menimbulkan hal yang
negatif pada struktur tubuk manusia.
·
Bermewah-mewah dalam makan, minum dan lain-lain artinya
dalam memakan atau meminum sesuatu tidak boleh memperturutkan hawa nafsu,
sehingga semua yang di inginkan tersedia.
·
Melanggar batasan-batasan yang telah di tentukan Allah
Ta'ala.
·
Menumpuk-numpuk harta atau sesuatu hal yang tidak telalu
dibutuhkan oleh kita maupun oleh masyarakat.
·
Melakukan segala sesuatu yang berlebiha, contohnya
terlalu banyak tidur bisa menyebabkan berbagai penyekit terutama malas, dari
penyakit malas inilah timbul berbagai dampak yang tidak baik seperti tidak mau
bekerja, kalaupun bekerja hasilnya pun tidak akan optimal
·
melakukan pekerjaanyang sia-sia, terkadang kita sebagai
manusia suka denga hal-hal yang bersifat hura-hura
·
memperturutkan hawa nafsunya, manusia dalam menghadapi
hidup biasanya dihadapakan pada dua permasalahan yaitu antara keperluan dan
kebutuhan dengan keinginan.
Lawan
dari israf adalah secukupnya atau sekedarnya, hidup sederhana bukan berarti
kikir. Orang sederhana tidak indentik dengan ketidak mampuan. Kesederhanaan
timbul karena pemahaman akan hakikat hidup didunia. Dalam pandangannya, dunia
bukanlah tempat yang abadi, dunia hanya sebagai tempat untuk beramalsehingga
ketika ia diberi karunia berupa harta benda maka ia akan pergunakan seperlunya
sesuai dengan kebutuhannaya dan selanjutnya ia belanjakan dijalan Allah.
3.
Akibat dari Perbuatan Israf
Setelah
kita mengetahui arti dari israf, dalil tentang larangan berbuat israf serta
hal-hal yang diketegorikan perbuatan israf, maka itu perlu juga mengetahui
manfaat dampak yang ditimbulakan akibat dari perbuatan israf, yaitu :
·
Dibenci oleh Allah Ta'ala(Q.S Al- A’raf: 31).
·
Menjadi sahabat setan (QS. Al Isra (17): 27, Al Mujadilah
(58) :19)
·
Tidak memiliki rasa kepedulian terhadap sesama manusia.
·
Menjadi orang yang akan tercela dan menyesal
·
Akan Allah binasakan
·
Menjadi orang yang tersesat (QS. 6: 141, 7:31)
·
Menghalalkan segala cara untuk dapat memenuhi
kebutuhannya.
4.
Menghindari sifat israf dalam kehidupan sehari-hari
Cara menghindari
sifat israf :
a.
Memikirkan dan merenungkan akibat dan bahaya Israf.
b.
Mengenjdalikan nafsu, dan mengarahkan untuk memikul beban
dan klesulitan seperti shalat malam, shadaqah, shaum sunat , dll.
c.
Senantiasa memperhatikan sunnah dan perjalanan hidup
Rasulullah SAW
d.
Selalu memperhatikan kehidupan orang-orang salaf dari
kalangan sahabat, mujahiddin dan ulama.
e.
Tidak menjalin persahabatan dengan orang-orang Israf.
B.
Tabzir
Kata
tabzir berasala dari kata bahasa arab yaitu bazara,yubaziru tabzir yang artinya
pemborosan sihingga menjadi sia-sia, tidak berguna atau terbuang. Secara
istilah tabzir adalah membelanjakan/mengeluarkan harta benda yang tidak ada
manfaatnya dan bukan dijalan Allah. Sifat tabzir ini timbul karena adanya
dorongan nafsu dari setan dan biasanya untuk hal-hal yang tidak disenagi oleh
Allah serta ingin dipuji oleh orang lain
Jika
israf menekankan pada berlebih-lebihannya maka, tabzir menekankannya pada
kesia-sian benda yang digunakan itu. Sikap tabzir dapat terjadi dalam berbagai
hal, misalnya boros dalam menggunakan uang, boros dalam menggunakan harta,
boros dalam menggunakan waktu dan lain sebagainya. Agama Islam melarang pada
setiap umatnya untuk berlaku boros, karena hal tersebut dapat merugikan pada
diri sendiri dan orang lain.
1.
Hal-hal yang Termasuk Tabzir
Selama
manusia masih hidup berarti ia masih memerlukan makan, minum, berpakaian, dan
kebutuhan lainnya yang harus dipenuhi agar tetap bisa bertahan hidup. Bagi
sebagian orang, untuk memenuhi kebutuhannya ia harus bekerja keras dan itupun
hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar, ada juga sebagian masyarakat yang
tidak kebutuhan dasar saja yang terpenuhi tetapi kebutuhan sekunder atau bahkan
kebutuhan mewah bisa terpenuhi. Bila manusia menuruti seluruh keinginannya
pastilah ia akan menjadi orang yang selalu merasa kurang dan terjebak pada
kesenangan sesaat.
Beberapa tindakan
yang tergolong sebagai perbuatan tabzir, yaitu :
·
Membantu orang lain dalam kemaksiatan. Contoh : Memberi
sumbangan kepada orang untuk meminum-minuman keras
·
Mengkonsumsi makanan/minuman yg tidak ada manfaatnya dan
justru membahayakan bagi jiwa dan raga. misal : Rokok
·
Orang yang bersodakoh tetapi tidak ikhlas
·
Merayakan Hari Raya lebaran dengan berlebihan
·
Merayakan pesta pernikahan dengan berlebihan tidak sesuai
dengan syari'at
2.
Akibat dari Perbuatan Tabzir
Setiap
aturan yang telah Allah buat untuk Hamba-Nya sudah pasti mengandung
hikmah/manfaat bagi hamba-Nya, begitupun larangan terhadap perbuatan tabzir
(boros). Berikut beberapa akibat yang dapat ditimbulkan dari perbuatan tabzir,
yaitu :
·
Mendapat murka Allah
·
Mendapat siksa yang teramat pedih oleh Allah
·
Mendapat kesengsaraan dunia dan akhirat
·
Mendapat cacian dari orang lain
3.
Menghindari sifat Tabzir dalam kehidupan sehari-hari
Cara menghindari
sifat tabzir
a.
Memiliki keinginan yang kuat untuk membina kepribadian
istri dan anak-anaknya.
b.
Selalu memikirkan dan merenungkan realita kehidupan
manusia pada umumnya dan kaum muslimin khususnya.
c.
Memikirkan dan merenungkan akibat dan bahaya tabzir.
d.
Tidak menjalin persahabatan dengan orang-orang tabzir
e.
Selalu ingat karakter jalan hidup yang penuh beban dan
penderitaan.
4. Dalil tentang
Larangan Tabzir
Perilaku tabzir
dilarang oleh Allah swt sebagaimana firman-Nya
“Dan
berikanlah kepada keluarga-keluarga
yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan
janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya
pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah
sangat ingkar kepada Tuhannya.”(QS. Al-Isra:26-27)
Berdasarkan
ayat di atas, orang yang berlaku tabzir atau boros disamakan dengan saudara
setan. Padahal setan adalah makhluk yang ingkar kepada Tuhannya. Selanjutnya
tempat kembali orang yang ingkar adalah neraka yang penuh penderitaan dan
kesengsaraan. Contoh perilaku tabzir adalah mengadakan pesta-pesta yang tidak
perlu dan tidak dicontohkan dalam Islam
Pesta-pesta
semacam itu memakan banyak biaya. Banyak pula makanan dan minuman yang
tersia-siakan. Jika dana itu diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan,
berapa banyak orang yang akan terbantu. Terlebih lagi perilaku semacam itu akan
membawa seseorang pada kesombongan. Ia termotivasi untuk memamerkan kekayaan
dan kemewahan yang dimilikinya.
Perbuatan menggunjing dalam bahasa arab disebut ghibah
yaitu membicarakan aib atau cela(keburukan)seseorang atau
sesuatu pihak kepada orang lain .Menurut hadis yang diriwayatkan olehH.R.S.
Muslim ,rasulullah bersabda : Bergunjing (ghibah)adalah engkau menyebut
saudaramu tentang apa –apa yang ia tak menyenanginya.Menurut Al –ghazali dan
lmam Nawawi,bahwa yang dimaksud oleeh hadist tersebut diatas,ialah meyebut
kekurangan dan keburukan seseorang dalam hal agamanya,akhlaknya,istri dan
anaknya ,suaminya ,hartanya ,keturunannya,pakaiannya ,gaya jalannya ,pembantu
rumah tangganya ,baik menyebut dengan lisan maupun dengan isyarat(kedipan mata
,tangan,dan sebagainya).ada beberapa cara mengumpata atau menggunjing antara
lain :
1.
Bergunjing tentang bagian tubuh/badan
misalnya dengan menyebut si pincang si tuli,si pendek,si hitam ,si kuning dan
sebagainya.
2.
Bergunjing tentang agamanya ,misalnya
dengan mengatakan khianat ,
fasik,zalim,durhaka,tidakmembayar zakat dan sebagainya.
3.
Bergunjing tentang perkara dunia
,misalnya menyebut biadab ,kurang ajar,banyak makan,nyinyir,dan sebagainya.
4.
Bergunjing tentang keturunan ,misalnya
bapak atau ibunya hitam,tukang judi,tukang rumput,tukang am[[ahdan sebagainya .
5.
Bergunjing tentang sifat daan perangai
misalnya sombong,keras hati ,tidak punya pendirian,tamak,dan sebagainya .
6.
Bergunjing tentang pakaian ,misalnya
tidak bersih ,kurang rapi/pantas ,dan sebagainya .
Intinya adalah segala
sesuatu yang apabila didengar oleh yang digunjingkan ia merasa tidak senang.
Perbuatan
menggunjing atau ghibah termasuk
perbuatan dosa besar.Olehkarena itu hindarilah perbuatan menggunjing pada semua
kesempatan.apabila di suatu tempat ada orang yang sedang menggunjing,maka kita
harus berani mengatakan kepada mereka dengan cara yang bijaksan bahwa
menggunjing adalah haram,rasulullah bersabda ,”Hindari prasangka karena
prasangka adalah berita yang paling dusta dan bohong,”(HR Bukhari
Muslim).
Kecurigaan yang
berlebihan kepada orang lain akan menimbulkan penyakit hati,seperti tajassus yaitu memojokkan orang
lain dengan cara mencari cacat (aib)orang lain agar kehormatannya tercemar.
Allah mengumpamakan orang yang bergunjing itu sebagai orang yang kanibal
,memakan daging saudaranya yang telah mati.
. Firman Allah SWT:
Artinya
:”hai orang –orang yang beriman ,jauhilah kebanyakan dari prasangka
.Sesungguhnya ebagian dari prasangka itu adalah dosa an janganlah kamu mencari
kesalahan orang lain ,dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang
lain .sukakah salah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudah
mati?.Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya .Dan bertaqwalah kepada Allah
.Sesunggunya Allah maha penerima taubat lagi maha penyayang .”(QS Al Hujurat:12)
Artinya :Kecelakaanlah bagi
setiap penggunjing dan pencela
(QS
Al-Humazah:1)
Artinya:Dan apabila mereka
mendengar perkataan yang tidak bermanfaat mereka berpaling daripadanya dan
mereka berkata “Bagi kami amal; -amal kami dan bagimu amal
–amalmu,kesejahteraan atas dirimu,kami tidak ingin bergaul dengan orang yang
jahil.(QS Al Qasas:55)
Artinya: Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan terhadapnya . Sesungguhnya pendengaran ,penglihatan ,hati ,dan semua itu akan diminta pertanggungjawabannya .(QS Al Isra:36)
Artinya: Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan terhadapnya . Sesungguhnya pendengaran ,penglihatan ,hati ,dan semua itu akan diminta pertanggungjawabannya .(QS Al Isra:36)
Artinya: Dan apabila engkau melihat orang–orang memperolok
ayat–ayat. Kami,menyingkirlah dari mereka ,sampai mereka pindah ke pembicaraan
yang lain. Dan jika engkau terlupa karena buaian syetan, setelah engkau sadar
maka janganlah engkau duduk juga bersama orang–orang yang zalim itu.(QS Al
An-am :68)
Selain
ayat-ayat diatas masih ada hadis-hadis yang melaknat perbuatan
menggunjing antaranya:Dari abu Hurairah r.a,rasulullah saw bersabda ,”Apakah
kamu tahu apa ghibah (pengunjing) itu?”.para sahabat menjawab.”allah dan
rasulnya yang lebih mengetahui”Nabi saw bersabdda,’Ghibah adalah engkau
menyebut saudaramu tentang apa yang mereka tidak menyukainya,”Rasulullah saw
ditanya kembali “Bagaiamana jika yang kusebut itu benar adanya ?”rasulullah
menjawab ,’Andaikata yang kau ucapkan benar ada padanya ,berarti kamu telah
mempergunjingkannya .jika apa yang kamu ucapkan tidak ada padanya ,maka sesungguhnya kamu memfitnah.(H.R
Muslim,Abu Dawud,turmudzi,dan Nasa’I)
Dari Anas r.a,rasulullah bersabda :
Ketika aku ddimi’rajkan ,aku
melewati suatu kaum yang kukunya dari tembaga,mencakari muka dan dada mereka
.Seraya aku katakana.Siapakah mereka ini ya jibril?.jibril menjawab,mereka
ituadalah orang yang memakan ddaging manusia(bergunjing) dan menjatuhkan
martabat mereka
Jadi sudah
jelas bahwa ghibah adalah perbuatan yang sangat tidak berguna merugikan,
berdosa dan dibenci Allah, maka wajib bagi kita untuk menghindarinya. Beberapa
kiat untuk menghindari diri kita dari perbuatan ghibah antara lain”:
1.
Menyelenggarakan kegiatan social agar
terhindar dari permusuhan .
2.
Memupuk kerjasama atas daar kebajikan
dan taqwa sehingga tercipta ketahanan nasional .
3.
Memelihara hubungan persaudaraan,persatuan,dan
kesatuan sesama umat dan bangsa .seperti tang terdapat pada surat
Al-Hujurat:10
Artinya
: Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara maka damaikanlah antara
kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya mendapat rahmat .
4.
Persoalan yang timbul hendaknya
diselesaikan dengan musyawarah,seperti yang termuat dalam surat As syura:13.
Artinya:Dia telah mensyariatkan kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah kami wasiatkan kepada ibrahim ,Musa,Isa yaitu :”tegakkan agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya .Amat berat.
Artinya:Dia telah mensyariatkan kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah kami wasiatkan kepada ibrahim ,Musa,Isa yaitu :”tegakkan agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya .Amat berat.
5.
Memberikan maaf atas kesalahan orang
lain tanpa menunggu lebih dulu ,dam mampu menahan amarah sebagai latihan untuk
meningkatkan kualitas katakwaan seperti yang termaktub dalam surat Al imran
133-134:
Artinya :Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa(133).
(Yaitu) orang-orangyng menafkahkan (hartanya)baik di waktu lapang maupun sempit,dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan(kesalahan) orang.Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan (134) .
Artinya :Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa(133).
(Yaitu) orang-orangyng menafkahkan (hartanya)baik di waktu lapang maupun sempit,dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan(kesalahan) orang.Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan (134) .
Fitnah adalah
mengada-adakan dan menyebarkan berita-berita bohong yang sengaja disampaikan
oleh orang-orang tertentu, karena adanya suatu sebab supaya orang yang
dikehendaki memperoleh celaka (hancur nama baiknya) di masyarakat. Orang yang
berbuat fitnah atau tukang fitnah adalah orang-orang yang sering
menambah-nambahi berita, dan suka memutar balikkan kenyataan.
Fitnah merupakn sifat
tercela yang harus dihindari, karena pelakunya semakin hari akan semakin
dijauhi dan dikucilkan oleh masyarakat, karena menyebarkan berita bohong.
Sedangkan pembicaraan seseorang akan dibuat sebagai tolak ukur untuk
menunjukkan kebaikan seseorang.
Agama islam melarang
keras terhadap perbuatan fitnah, yang berarti secara tidak langsung menuduh seseorang berbuat
tidak sewajarnya. Dakwaannya itu dituturkan kemana-mana, padahal dirinya
sendiri tidak mengetahui secara pasti, perbuatan demikian haram hukumnya.
1)
Dalil Tentang
Fitnah
Artinya
:Dan janganlah kamu setiap orang yang bersumpah lagi
hina (10).Yang banyak mencela,yang kian kemari dengan mengadu domba(membuat
fitnah)
.(QS Al-Qalam:10-11)
Artinya:Jika
mereka berangkat bersamamu ,niscahya mereka tidak menambah kamu selain dari
kerusakan belaka,dan tentu mereka akan bergegas-gegas maju ke muka di celah
celah barisanmu untuk mengadakan kekacauan diantaramu ,sedang diantara kamu ada
orang-orang yang suka mendengarkan perkataan
mereka.Dan Allah megetahui orang-orang yang zalim.(QS At Taubah:47)
Nabi saw bersabda :tidak akan
masuk surga orang yang suka mengadu domba(menyebarkan
fitnah).(H.S.R.Bukhari-Muslim).
Dalam salah satu hadis Nabi saw
bersabda :Sejahat jahat hamba Allah adalah ialah orang yang berjalan-jalan
kian-kemari menyebarkan fitnah(mengadu domba),yang memecah belah antara yang
berkasih-kasihan,yang mencela orang-orang yang baik.(H.R Ahmad).
Dikisahkan dalam suatu riwayat.Pernah
seorang pria menghadap Umar bin Abdul Aziz,,lalu membicarakan
orang-orangyangbtidak disenanginya .Maka Umar bin Abdul Azizberkata kepada pria
itu,kami akan meneliti masalah itu .Jika anda berdusta ,maka amal andda
termasuk kepada orang yang disebutkan Allah dalam firmannya :
Artinya
: Hai orang-orang yang
beriman ,jika atang kepadamu seorang fasik membawa suatu berita,maka periksalah
dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa
mengetahuikeadannya yang menyebabkan kamu meyesal atas perbuatanmu.(QS
Al-hujurat:6).
Dari keterangan tersebut dapat
disimpulkan bahwaa orang yang suka membawa pembicaraan kepadda orang baik
berita itu benar atau salah, digolongkan salah .Karena itu untuk keselamatan
diri kita hendaknya masing-masing dari berusaha semaksimal mungkin untuk
menjauhi sifat mengadu domba dan menyebarluaskan fitnah, berkatalah yang baik
atau diam,ituah yang paling selamat.
Dalam pengertian sehari- hari,fitnah
berarti berita bohong atau desas-desus tentang seseorang karena ada maksud yang
tidak baik.Firman Allah swt:
Artinya
:Dan bunuhlah mereka dimana aja kamu jumpai,dan usirlah dari tempat diman
mereka telah mengusir kamu (mekkah)dan fitnah itu bahayanya lebih besar dar
pembunuhan dan janganlah kamu
memerangi mereka di masjidil haram kecuali mereka memerangimu di tempat
itu,jika memerangi kamu (di tempat itu).maka bunuhlah mereka .demikianlah
balasan bagi orang-orang kafir.(QS Al Baqarah:191)
Hadis
nabi saw :”Dari Huzaifah r.a berkata ,rasulullah saw bersabda ,tidak akan masuk
surga orang yang suka menyebar fitnah (H.R bukhari-muslim).
Oleh
karena itu upaya untuk mencegah perbuatan menyebarkan fitnah perlu diketahui
sumber fitnah itu sendiri.Fitnah dapat terjadi antara lain:
¸
Penyakit hati seperti
syirik,angkuh,dengki dan kikir.
¸
Ucapan yang salah atau menyimpang dari
sebenarnya.
¸
Kebodohan ebagaimana hadis Nabi
Muhammad saw:”Bahwa fitnah dapat muncul dari kebodohan merajalela,ilmu telah
tercabut ,dan banyak pembunuhan serta kekacauan.”(HR Bukhari-Muslim.
Oleh karena itu untuk mecegah
penyebaran fitnah aatau menangkal fitnah,setiap manusia terutama muslim harus:
1.
Gemar untuk mengadakan aksi
social(beramal saleh) secara terus-menerus.
2.
Jangan kikir(pelit),artinya harus
memiliki hati pemurah dengan merealisasikannya memberi sedekah kepada fakir
miskin,yatim piatu ,dan lain-lain.
3.
Memupuk silaturahmi atau persaudaraan .
4.
Ikut aktif melaksakan amar makruf nahi
mungkar,yaitu mengajak kepada kebaikan dan menjauhi kemungkaran.
5.
Amanah(terpercaya),artinya segala
perkataan dan perbuatannya sangat dipercaya,mengandung kebenaran,tidak bohong
dan memegang teguh amanah yang dipercayakan kepadanya.
terimakasih gan tentang penjelasanya,
BalasHapussangat bermamfaat sekali :)
TERIMA KASIH
Hapusthanks..
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapussemoga bermanfaat, amin
BalasHapusUntuk artikel tambahan mengenai Israf bisa dibaca disini:
BalasHapushttp://www.muslimbusana.com/umum/bahaya-israf/index.htm
thank nice infonya, kunjungi http://bit.ly/2Bfs64g
BalasHapusSportsbetting | Betway Casino Online
BalasHapusBetway Casino is a top choice for online sports betting and casino players. Bet on all major leagues and betway get a 100% 188bet bonus up to €500 + vua nhà cái 100 free
BetMGM casino 2021 - Dr.MCD
BalasHapus› casino 서귀포 출장샵 › gambling › 구미 출장마사지 id › casino › gambling › 광양 출장안마 id › casino › gambling › 태백 출장마사지 id The 수원 출장마사지 Casino Review — A comprehensive review of the BetMGM brand, including ratings, features, games, and bonuses. Casino Review. Deposit & Withdrawal Options.